Kimia – Pelajaran, Soal & Rumus Kimia Lengkap

Ketika kamu beranjak dari jenjang SMP ke SMA, kamu akan menemukan salah satu pelajaran baru yang merupakan pecahan dari pelajaran IPA di SMP, yaitu Kimia. Dilihat dari asal katanya, kimia diambil dari 2 bahasa, yaitu Bahasa Arab, كيمياء, (kimiya) dan Bahasa Yunani χημεία (kheimeia) yang berarti perubahan zat atau unsur. Jadi, Secara garis besar, pelajaran kimia mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat dan unsur di dunia. Selain itu, pelajaran ini juga membedah mengenai pembelajaran struktur dan susunan atom.

Kimia mulai dari peradaban kuno seiring dengan ditemukannya emas pertama kali. Tergiur dengan mahalnya nilai emas, manusia dulu mencoba menemukan metode untuk mengubah zat lain menjadi emas. Mereka akhirnya menemukan satu metode yang bernama alkimia. Berawal dari sini, beberapa ilmuwan ternama seperti Abu Musa Jabir Bin Hayyan, Robert Boyle, Antoine Lavoisier, dan Dmitri Mendeleyev.

Abu Musa Jabir Bin Hayyan mengembangkan ilmu kimia yang berdasarkan perhitungan ilmiah dan sistematis. Robert Boyle menjadi orang pertama yang mengembangkan metode ilmiah terhadap alkimia. Dari sinilah, Boyle juga membedakan antara kimia dan alkimia. Antoine Lavoisier terkenal terhadap hukum kekekalan masa yang dicetuskannya pada tahun 1783. Dmitri Mendeleyev menjadi seseorang yang memberikan dampak signifikan dengan tabel periodik unsurnya.

Di jenjang SMA, kamu akan belajar kimia dengan semua rumus kimia yang akan membantu kamu menjawab contoh soal kimia SMA yang kamu punya. Pelajaran kimia yang akan kamu pelajari akan dimulai dengan pengenalan terhadap materi yang dipelajari hingga pelajaran kimia organik. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu mulai dengan belajar kimia dasar terlebih dahulu!

1. Materi

Bab pertama yang kamu pelajari adalah pengenalan terhadap materi yang akan dibedah. Materi memiliki pengertian sebagai sebuah objek yang membutuhkan ruang dan memiliki massa. Selain itu, materi juga bisa didefinisikan sebagai suatu objek yang memiliki massa dan mengisi suatu volume.

Dalam pelajaran kimia SMA, kamu akan menemukan bahwa kamu akan mempelajari mengenai 2 jenis materi, yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal adalah sebuah zat yang memililiki satu identitias (murni), sedangkan campuran adalah materi atau zat yang tersusun atas beberapa zat tunggal. Contoh dari zat tunggal adalah gas oksigen ataupun gula murni, sedangkan contoh campuran adalah teh manis yang kamu minum, campuran dari gula, teh, dan air.

Di dalam materi ini, kamu belum akan memperolah rumus kimia SMA yang akan membantu kamu mengerjakan soal, namun kamu harus tetap fokus dalam mempelajarinya. Wardaya College memahami pentingnya kamu belajar kimia dasar ini. Oleh karena itu, ada video pembelajaran interaktif dan contoh soal kimia SMA yang membantu kamu memahami materi.

2. Struktur Atom

Selanjutnya, ilmu kimia yang akan kamu wajib pelajari adalah ilmu mengenai struktur atom. Ilmu kimia yang satu ini mungkin bisa kamu ketahui di pelajaran lain semisal fisika, namun belajar struktur atom penting untuk proses belajar kimia dasar kamu selanjutnya. Secara garis besar, struktur atom bisa didefinisikan sebagai susunan dari suatu atom yang terdiri atas partikel fundamental: elektron, proton, dan neutron.

Di dalam materi struktur atom, ada 2 jenis materi yang akan kamu pelajari, yaitu struktur atom dan radioaktif. Struktur atom mempelajari mengenai susunan suatu atom yang terdiri dari elektron, proton, dan neutron, sedangkan radioaktif adalah sebuah materi mengenai suatu zat yang cenderung tidak stabil dan mudah meluruh.

Materi struktur atom jelas menjadi proses belajar kimia dasar yang harus kamu lalui dengan baik. Untuk itu, Wardaya College ingin kamu memahami materi dasar ini dengan baik. Wardaya College akan membantu kamu mendapatkan pemahaman terbaik dengan menggunakan video pembelajaran interaktif. Tak hanya itu, kamu bisa semakin paham karena ada contoh soal kimia sma yang akan menguji kemampuan dan pengetahuan kamu.

3. Sistem Periodik Unsur

Kalau dua materi sebelumnya sudah kamu pahami seluruhnya, disinilah kamu mulai untuk belajar kimia SMA sesungguhnya, yaitu dengan mempelajari sistem periodik unsur. Sistem periodik unsur adalah suatu daftar unsur-unsur yang disusun dengan aturan tertentu. Sistem ini pertama kali ditemukan oleh Dmitri Mendeleyev.

Di dalam sistem periodik unsur ini, kamu akan memahami bahwa banyak unsur-unsur di dunia yang disusun berdasarkan golongan-golongannya: golongan I, II, III, dan IV. Penyusunan golongan ini didasarkan pada sifat-sifat unusr yang satu dengan unsur lainnya dalam satu golongan.

Jelas, untuk mendalami materi kimia SMA, kamu harus memotivasi dirimu untuk menghafal sistem periodik unsur ini. Di Wardaya College, kamu akan mendapatkan cara dan metode termudah untuk menghafal sistem periodik unsur ini. Selain itu, ada contoh soal kimia SMA mengenai sistem periodik unsur yang bisa kamu kerjakan dan selesaikan.

4. Ikatan Kimia

Setelah kamu selesai menghafal sistem periodik unsur, kamu bisa move on untuk mulai belajar materi lainnya, yaitu ikatan kimia. Materi ini adalah sebuah materi yang menjelaskan sebuah proses yang terjadi akibat adanya gaya tarik-menarik antara dua atom atau molekul yang menyebabkan keduanya menjadi atom yang stabil.

Di dalam materi ini, kamu akan belajar 3 bab, yatu materi ikatan 1, ikatan 2, dan materi mengenai zat padat, cair, dan gas. Ikatan 1 disebut juga sebagai ikatan permanen karena ikatan semacam ini sulit untuk diputus menggunakan proses-proses fisis, sedangkan ikatan 2 disebut juga sebagai ikatan tidak permanen karena bisa diputus dengan proses-proses fisis.

Jika kamu masih merasa kurang mengerti dalam belajar kimia ini, kamu bisa beralih ke Wardaya College, tempat dimana kamu bisa mendapatkan video interaktif yang akan menjelaskan pada kamu mengenai materi yang belum kamu pahami. Selain itu, Wardaya College mengajak kamu untuk mengasah kemampuan mengerjakan contoh soal kimia SMA yang sudah disiapkan.

5. Stoikiometri

Di bab ini, siapkan banyak catatanmu karena bab stoikiometri akan membawa kamu untuk mengolah rumus-rumus kimia SMA untuk menjawab soal. Secara garis besar, baba stoikiometri membahas mengenai hubungan kuantatif yang ada antara rekatan (pereaksi) dan produk dalam reaksi kimia. Perhitungan ini kamu harus pelajari karena pada dasarnya, perhitungan ini dasar untuk segala perhitungan yang dilakukan dalam penelitian.

Dalam materi stoikiometri ini, ada 5 bab yang akan kamu pelajari, yaitu materi mengenai tata nama senyawa, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar, stoikiometri senyawa, dan stoikiometri reaksi. Itu artinya kamu akan mempelajari materi mulai dari sistematika penamaan suatu senyawa hingga hubungan antara pereaksi dengan hasil reaksinya.

Nah, supaya reaksi yang terjadi sesuai dengan yang kamu harapkan, kamu harus mempelajari penghitunganya di Wardaya College. Kamu bisa jadikan Wardaya College sebagai panduan dalam melakukan praktikum atau menjawab soal. Selain itu, selesaikan misi kamu dengan menyelesaikan contoh soal kimia SMA yang sudah disiapkan oleh tim Wardaya College.

6. Termokimia

Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah termokimia. Ya, termokimia merupakan salah satu materi pembelajara yang dipelajari dalam pelajaran kimia SMA. Termokimia bisa kamu definisikan sebagai cabang ilmu termodinamika yang mempelajari mengenai kalor yang terdapat dalam perubahan kimia dan fisika.

Di dalam materi ini, kamu akan mempelajari mengenai perhitungan yang berkaitan dengan kalor yang terlibat pada reaksi-reaksi kimia dengan mendasarkan pada hukum kekekalan energi. Materi ini harus kamu pelajari karena pada bidang industri dan pada penelitian, materi ini dipakai untuk mempelajari sifat suatu reaksi.

Dari sebab itu, kamu bisa pelajari lebih dalam di Wardaya College. Wardaya College sudah menyiapkan beberapa video interaktif yang berisi penjelasan materi dan konsep yang kamu butuhkan untuk memahami materi atau menjawab contoh soal. Selain itu, kamu bisa juga latihan dengan mengerjakan contoh soal yang ada di Wardaya College.

7. Kinetika Reaksi

Sudah dengan termokimia, sekarang kamu bisa step up ke materi kinetika reaksi. Istilah ini mungkin sedikit asing bagi kalian, tapi kamu bisa pahami di sini. Secara konsep, kinetika reaksi adalah sebuah materi yang membahas mengenai laju dan mekanisme dari sebuah reaksi kimia. Di materi ini, analisis reaksi kembali diperdalam.

Di dalam materi kinetika reaksi ini, kamu juga akan mempelajari mengenai laju reaksi, yaitu laju penurunan reaktan (pereaksi) atau laju bertambahnya produk (hasil reaksi). Untuk menganalisi laju penurunan dan pertambahan ini, kamu jelas akan melakukan penghitungan rumus kimia SMA untuk menjelaskan soal yang kamu punya.

Bagaimana rumusnya? Bagaimana aplikasinya di dalam soal? Untuk hal itu, Wardaya College siap memberikan apa yang kamu butuhkan. Kamu bisa mendapatkan mengenai proses aplikasi rumus dan penyelesaian soal di dalam video pembelajaran interaktif. Selain itu, kamu juga bisa melatih diri kamu untuk mengaplikasikan rumus untuk menyelesaikan contoh soal kimia SMA Wardaya College.

8. Larutan

Belajar kimia rasanya kurang pas jika kamu belum sampai kepada materi mengenai larutan. Apa sih larutan itu? Larutan bisa dikatakan sebagai campuran homogen dari dua atau lebih zat. Kamu bisa memahami mengenai larutan ini ketika kamu menyeduh kopi atau teh. Percampuran antara kopi, gula, teh, dan air menghasilkan sebuah larutan untuk tubuh kamu.

Dalam pembelajaran mengenai larutan, ada beberapa materi berkesinambungan yang harus kamu kerjakan satu per satu, antara lain materi kesetimbangan, larutan asam basa, larutan penyangga, hidrolisis garam, kelarutan dan hasil kali kelarutan, dan sifat koligatif larutan.

Waduh, apa ya maksudnya itu semua? Supaya kamu meresapi materi mengenai larutan, pelajari konsep dan penggunaaan rumusnya di Wardaya College. Video yang dibuat interaktif akan memacu kamu untuk paham mengenai larutan sehingga tidak ada teori yang terlewatkan. Selain itu, kamu bisa mengerjakan contoh soal yang ada di Wardaya College.

9. Larutan Elektrolit, Non-Elektrolik, Redoks, & Elektrokimia

Ketika materi larutan dasar sudah kamu pahami seluruhnya, mari lanjut ke 3 materi sekaligus, yaitu materi larutan elektrolit, non-elektrolit,  redoks, & elektrokimia. Ketiga materi ini merupakan pelebaran dari materi larutan yang sebelumnya kamu pelajari.

Secara garis besar, konsep dari larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sebaliknya larutan non-eletrolit adalah larutan yang tidak bisa menghantarkan listrik. Selain itu, reaksi redoks adalah reaksi dimana terjadi oksidasi (kenaikan bilangan oksidasi) dan reduksi (penurunan bilangan oksidasi) secara bersamaan. Elektrokimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan listrik dan reaksi.

Jika konsep di atas kurang kamu pahami, kamu bisa langsung menonton video-video pembelajaran yang ada di Wardaya College. Wardaya College mempersiapkan puluhan video untuk kamu yang siap belajar aplikasi rumus kimia dan seluk beluknya. Selain itu, ada contoh soal yang bisa melatih ketangkasan kamu menjawab soal.

10. Kimia Unsur

Saat ini, kamu sudah akan masuk pada materi lainnya, yaitu materi mengenai kimia unsur. Apa pengertiannya? Kimia unsur adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari mengenai sifat-sifat dan kelimpahan unsur-unsur. Selain itu, pelajaran ini membahan mengenai tinjauan untuk sifat-sifat unsur, kelimpahannya di bumi serta pembuatan dan manfaatnya.

Untuk kamu yang ingin mendalami materi ini, Wardaya College sudah menyiapkan banyak video pembelajaran interaktif yang akan mengaktifkan pemahaman kamu mengenai materi ini. Selain itu, contoh soal yang memiliki tingkat berbeda akan membangun kemampuan kamu dalam menyelesaikan contoh soal apapun.

11. Kimia Organik

Di pembelajaran terakhir, kamu akan mempelajari mengenai salah satu cabang kimia yang umum dipelajari, yaitu kimia organik. Materi ini secara konsep bisa dikategorikan sebagai cabang ilmu yang mempelajari struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik, terutama oleh karbon dan hidrogen.

Di dalam pelajaran ini, kamu akan mempelajari mengenai senyawa hidrokarbon dan minyak bumi, senyawa karbon, dan makromolekul. Secara konsepnya, senyawa hidrokarbon disebut sebagai senyawa yang terssusun dari karbon dan hidrogen. Senyawa karbon adalah senyawa yang tersusun dari karbon dan unsur lain. Lalu, makromolekul yaitu suatu molekul besar yang terdiri dari monomer tunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pencarian

Kalender

January 2017
M T W T F S S
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Archives

Kategori